MEMBUAT QR CODE - ADITYA NUR HIDAYAT

ADITYA NUR HIDAYAT

PHOTHOGRAPHER, DESIGNER, TEACHER.

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

17/08/11

MEMBUAT QR CODE

 Hai sobat, Ada yang tau arti gambar ini ?

Gambar ini disebut dengan QR Code (Quick Response Code). QR Code ini bisa digunakan untuk menampilkan url, teks, nomor telepon/handphone, maupun SMS. Biasanya di koran-koran juga di muat QR Code

Bagaimana cara membuatnya? Mudah, hanya dengan klik situs Kaywa QR Code dan akan terbuka halaman muka seperti gambar screenshot di bawah ini:


cara membuatnya sangat mudah, mungkin sobat semua sudah bisa tanpa petunjuk apapun, tapi saya akan memberikan sedikit arahan..
Cara membuatnya sebagai berikut: 


  • Pada bagian Content type, silakan pilih kode yang ingin kamu tampilkan. Ada 4 pilihan, yaitu URL, Text (teks), Phone Number (No. telepon), atau SMS (pesan singkat).
  • Content, isi sesuai dengan tipe konten (content type) yang tadi sudah kamu pilih
  • Size, terdapat 4 pilihan, S (Small/kecil), M (Medium/sedang), L (Large/besar), dan XL (Xtra Large/sangat besar)
  • Langsug saja Generate 

Pada jendela sebelah kiri akan tampil QR Code sesuai dengan konten yang kamu pilih
Di bagian bawah QR Code atadi terdapat kode HTML. Salin (Ctrl+C) kode tersebut dan tempel (Ctrl+V) di blog kamu untuk menampilkan QR  Code tersebut.

Nah, sekarang kamu sudah bisa membuat QR Code. Lalu bagaimana membaca kode tersebut? Jangan khawatir, untuk membaca kode tersebut diperlukan handphone yang memiliki kamera dan juga harus terinstall program/aplikasi pembaca kode tersebut. Sobat sekalian bisa mendapatkan aplikasi pembaca QR Code di Dakode.Mobi. Anda juga bisa membaca QR Code melalui aplikasi dekstop (.exe), bisa di dapatkan di sini
Setelah download aplikasi tersebut, install ke dalam handphone kamu. Tunggulah sampai proses install selesai. Bila telah selesai, maka handphone sudah siap digunakan sebagain scanner untuk membaca QR Code. Coba jalankan program tersebut pada QR Code di bawah ini:
 Semoga bermanfaat...

1 komentar:

  1. That is an extremely smart written article. I will be sure to bookmark it and return to learn extra of your useful information. Thank you for the post. I will certainly return.

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here