GANTI FAVICON BLOGER - ADITYA NUR HIDAYAT

ADITYA NUR HIDAYAT

PHOTHOGRAPHER, DESIGNER, TEACHER.

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

11/08/11

GANTI FAVICON BLOGER


Cara mengganti favicon di blogger. Seperti biasa artikel yang timbul karena permintaan teman, dan cuma ingin memberi tau yang belum tau aja.. hehehe.. Favicon adalah icon/gambar yang terletak pada address bar dari suatu web browser. Setiap situs atau blog biasanya memiliki favicon. 


Pada blogspot, favicon yang dibuat berupa logo blogger berwarna orange. Bisa diganti begitu saja melalui setting di tab RANCANGAN. tapi, apakah fasilitas itu selalu dapat di gunakan? 


Langsung aja simak artikel ini......


Blogger, kini semakin canggih, kita tidak lagi perlu edit HTML blog jika kita ingin mengganti favicon, hanya perlu menuju RANCANGAN. kemudian di pojok kiri atas, ada pilihan merubah favicon. Sangat mudah, tapi fasilitas itu kadang ttidak berfungsi. Nah, jika kita tidak bisa menggunakan fasilitas blogger, kita mulai deh utak atik SCRIPT...

Sebenarnya cara mengganti favicon blogger ini cukup mudah. Anda bisa menggantinya melalui pengeditan layout. Berikut tutorialnya. 
1. Seperti biasa, ketika akan memodifikasi template... kita harus login ke Blog kita

2. Masuk ke Layout >> Edit HTML.

3. Cari kode di bawah ini.



         <b:include data='blog' name='all-head-content'/>

4. Copy-paste kode berikut di bawah kode tadi.


         <link href='url-gambar' rel='shortcut icon'/>


Ganti tulisan berwarna merah dengan url gambar yang akan dijadikan FAVICON. Gambar favicon bisa berupa format *.ico *.jpg atau *.gif. dan jangan sampai anda menggunakan gambar yang berukuran besar karena dapat memperlambat load blog kita.


Nah,,, jika sudah mengikuti ajaran-ajaran yg mudah di atas, langsung aja klik simpan template.

Setelah selesai melakukan modifikasi template, sekarang lihat hasilnya. Jika anda melakukannya dengan benar, favicon ini akan tampil di address bar, sebelah kiri URL blog anda.

Untuk cara memasang favicon di blog selain blogspot juga bisa menggunakan kode di atas. Tetapi pengeditan HTML-nya mungkin sedikit berbeda. Di modif-modif dikit aja karena setiap template berbeda script HTML-nya....


GOOD LUCK AND HAVE A NICE EXPERIENCE........

1 komentar:

  1. makasih tipsnya gan! saya udah coba tapi kok tetep aja gak berubah faviconnya ya? padahal udah sesuai instruksi. Udah saya coba jenis file iconnya trus juga ganti file hostingnya tapi tetep aja gak bisa, apa ada cara lain lagi? :(

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here