05/05/13

DASAR PEMROGRAMAN JAVA

Selamat siang, selamat pagi, selamat sore, dan selamat malam untuk semuanya..

Jumpa lagi dengan saya, Ad-iT. Setelah lama vakum dalam dunia blogger, kali ini saya akan mencoba untuk memosting sedikit tentang bahasa pemrograman Java karena kebetulan / kebenaran sedang ada tugas PBO.
Langsungsaja, kita menuju TKP.

Dalam postingan kali ini, saya akan langsung menyediakan video tutorial, agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.
Video tutorial ini terdiri dari 2 bagian. Dan dapat langsung di unduh di :

VIDEO 1
VIDEO 2
 

Selain Video di atas, saya akan sedikit menjelaskan tentang dasar dari java., langsung saja kita bahas bersama-sama.

STRUKTUR
Di setiap bahasa pemrograman pasti memiliki struktur pemrograman. Nah di dalam bahasa pemrograman java memiliki struktur seperti di bawah ini.
public class Halo {
  public static void main (String[] args) {
     System.out.println("Hello World..");
  }
  }
 Berikut, adalah hal-hal yang perlu di perhatikan dalam bahasa pemrograman java :
  • Nama kelas harus sama dengan nama program, misalnya program di atas adalah Halo, maka nama program juga harus Halo.java
  • Hanya terdapat satu kelas Public(yang bercetak hijau) pada suatu program.
  • Program harus memiliki method "public static void min(String[] args)"
TYPE DATA
Dalam bahasa pemrograman java, terdapat beberapa Type Data, yaitu :
  • Booelan                  true atau false
  • Char                       Karakter (kata)
  • Byte                       -128 sampai 127
  • Short                      -32768 sampai 32767
  • Int                          -2147483648 sampai 2147483674
  • long                        -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807
  • Double                   -4.9E-324 sampai 1.7976931348623157E308
  • Float                      1.4E-45 sampai 3.4028235E38
VARIABEL 
Seperti halnya bahasa pemrograman lain, di dalam java juga terdapat variabel. Berikut, adalah cara penulisan variabel di dalam Java.

TypeData NamaVariabel;

int nilai;
char kata;

nilai = 7; //mengisikan angka 7 ke dalam variabel nilai
kata = "Adalah angka ganjil"; //mengisikan Kata ke dalam variabel kata
 Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam membuat suatu variabel :
  • Harus di awali dengan huruf
  • Tidak boleh terdapat karakter unik (@, #, %, dll).
  • Tidak boleh mengandug karakter putih (spasi, enter, tab).
 OPERATOR
 Operator adalah sebuah karakter khusus yang di gunakan untuk menghasilkan suatu nilai.
Operator Aritmatika :
  • +          Penjumlahan
  • -           Pengurangan
  • *          Perkalian
  • /           Pembagian
  • %        Sisa pembagian
Contoh :
int a = 10;
int b = 7;
int c = a * b;
System.out.println(c);
Operator Penugasan :
  •  =        Pemberian nilai
  • +=       Penambahan bilangan
  • -=        Pengurangan bilangan
  • *=       Perkalian bilangan
  • /=        Pembagian bilangan
  • %=      Pemerolehan sisa bagi
Contoh :
int a = 10;
a *= 7;
System.out.println(a);
 Operator Pembanding :
  • ==          Sama dengan
  • !=           Tidak sama dengan 
  • >=          Lebih dari sama dengan
  • <=          Kurang dari sama dengan
  • >            Lebih dari
  • <            Kurang dari
Contoh :
int a = 10;
int b= 100 / 10;
a == b;
 Operator Logika :
Operator logika  digunakn untuk membandingkan suatu keadaan dari dua atu lebih kondisi tertentu,.
  • &&       Dan
  • ||           Atau
Operator logika "&&" akan bernilai Benar jika semua keadaan benar, san akan bernilai salah jika ada salah satu keadaan salah.
Operator logika "||" akan bernilai salah jika semua keadaan bernilai salah, san akan bernilai benar jika ada salahsatu keadaan benar.

PERULANGAN
 Perulangan merupakan kondisi dimana syntax akan mengulang instruksi jika kondisi benar.
Contoh :
for (int i=1; i<=10; i++){ //membuat variabel i bernilai 1, kemudian akan di ulang sampai <=10
 System.out.println(i); //mengeluarkan hasil i
}
 ARRAY
Array adalah suatu variabel untuk menyimpan sejumlah data berbeda. Untuk membuat variabel array adalah seperti berikut :
int data[]; //mendeklarasikan tipe data integer dengan variabel bernama data[] (dat array)
data = new int[5]; //membuat data array berisi 11 data.
data[0] = 5; //isi data ke-0 adalah 5
data[1] = 2; //isi data ke-0 adalah 2
data[2] = 1; //isi data ke-0 adalah 1
data[3] = 9; //isi data ke-0 adalah 9
data[4] = 4; //isi data ke-0 adalah4
 CLASS
Di dalam bahasa pemrograman java, kelas di definisikan menggunakan kata kunci class. Contoh kelas sederhana adalah sebagai berikut :
class Nama{
    String siapa;
}
 Pada kode di atas, kelas yang telah di buat adalah kelas Nama, dan siapa adalah atribut yang di miliki kelas Nama. Contoh pembuatan objek untuk kelas Nama adalah sebagai berikut :
Nama manusia = new Nama(); // membuat objek manusia
manusia.siapa = "Aditya Nur Hidayat"; // mengubah nama objek siapa
 METHOD
Terdapat dua buah Metode dalam bahasa java :
  1. Fungsi, merupakan metode yng memiliki nilai balik jika metode tersebut di panggil, cara pembuatan sebuah fungsi adalah dengan cara menentukan nilai baliknya, lalu membuat nama metodenya.
  2. Prosedur, merupakan metode yang tidak memiliki nilai balik, cara pembuatan prosedur sama dengan fingsi namun bedanya adalah menggunakan kata kunci void.
Contoh :
class Nama {
    String siapa;
   
//Fungsi
String ambilSiapa(){
     return siapa; //menggunakan return untuk mengembalikan nilai.
//Prosedur
void hapusSiapa(){
     nama = "";
}

}
 Pada kode di atas, kelas Nama memiliki 2 buah metode yaitu ambilSiapa() dan hapusSiapa(). Dimana ambilSiapa() merupakan sebuah fungsi karena mengembalikan nilai (return siapa).

KONSTRUKTOR
 Konstruktor adalah metode yang secara otomatis di panggil ketika sebuah objek di panggil. Cara membuat konstruktor adalah, nama metode harus sma dengan nama kelas dan tidak mengembalikan nilai balik dan tidak pula menggunakan kata kunci void.
Contoh :
class Nama{
private String siapa;
String  alamat;

public Nama(){
System.out.println("Objek dibuat !");
}

public String ambilSiapa(){
return siapa;
}

void ubahData(String siapa, String alamat){
    this.siapa = siapa;
    this.alamat = alamat;
}

void ubahSiapa (String siapa){
this.siapa = siapa;
}

}
Dengan demikian , saat membuat sebuah objek, maka konstruktor tersebut akan otomatis di panggil.




Nah, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang dasar dari bahasa pemrograman java. Selamat belajar dan Semoga Bermanfaat. :)

Salam
ADITYA NUR HIDAYAT
12201295

1 Komentar:

App Development Company mengatakan...

Nice post, things explained in details. Thank You.

Posting Komentar


ShoutMix chat widget

close
About IT